Minggu, 02 Juni 2013

Pernah nonton film "Daredevil" (2003) ?
Di scene pembukanya, diperlihatkan Matt Murdock, yang diperankan oleh Ben Affleck, yang mengenakan kostum Daredevil tanpa topeng jatuh dari atap gereja, kejeblos, dan tubuhnya terhempas ke ruangan gereja. Lalu seorang berpakaian pastur/pendeta yg kbetulan ada di ruangan itu mnghampirinya.
Kalo saya yg mnggantikan Ben Affleck memainkan adegan itu, (meskipun akan mmbuat Daredevil nya bertubuh pendek, gemuk dan jenggotan), saya memilih jatuh di dalam masjid lalu dihampiri oleh marebot masjid yg lagi i'tikaf. itupun harus pake stuntman, supaya nanti saya tinggal akting menggelepar-gelepar dan merintih kesakitan. Enak tho? Itu dunia, bisa direkayasa. Bisa pakai pemeran pengganti. Yang patah tulang, keseleo, dan lebam-lebam adalah si stuntman/pemeran pengganti, tetapi, yang terkenal adalah aktornya.

Namun, akhirat sama sekali berbeda dgn dunia. Setiap orang bertindak sebagai dirinya sendiri, dan mmperoleh ganjaran sesuai yg diperbuat masing-masing.
Misalnya: Kalau Anda melakukan perbuatan yg mulia di sisi Allah, lalu saya berprasangka buruk terhadap Anda, maka setiap kita hnya mmpertanggungjawabkan perbuatan/amalan kita masing-masing. Anda bertanggungjawab atas perbuatan mulia Anda, dan mudah2an mndapat ganjaran yg baik. Sedangkan saya, akan dimintai pertanggungjawaban atas prasangka buruk yg saya tujukan kpda Anda.
Dan mnurut surat Az-Zumar ayat 7, An-Najm ayat 38, dan Al-Israa' ayat 15, seseorang tidak memikul dosa orang lain.

Subhaanaka laa 'ilma lanaa illaa maa 'allamtanaa innaka Anta Al-'Aliimu Al-Hakiim.

0 komentar:

Facebook Blogger Plugin: Bloggerized by Shafee Live

Posting Komentar