Rabu, 29 Mei 2013

# Nama #

Posted by Unknown on 03.40 with No comments
Pernah pada suatu ketika, saat Sholat Jum'at di masjid dekat rumah ortu, yang bertindak menjadi khotib bernama Pak Khotib, dan yang menjadi imam bernama Pak Imam.. Subhaanallaah..
Saya hanya membayangkan, jika muadzinnya bernama Pak Muadzin. Sebab, selama ini saya belum pernah mendengar ada orang yang namanya Muadzin. Tapi bisa jadi di antara Anda ada yang pernah dengar nama tersebut.
Imagenya, muadzin diartikan sebagai "tukang adzan", tetapi sebenarnya, lebih dari itu, muadzin berarti "orang yang mengumandangkan panggilan Allah", yang melalui dia orang-orang berbondong-bondong menuju jalan Allah, mengabdikan diri beribadah hanya kepada Allah. Mulia sekali kan.
Kalau ternyata selama ini memang belum pernah ada orang yang diberi nama 'muadzin', maka bayi mana yang baru lahir dan kemudian dinamai dengan nama itu, akan menjadi orang pertama yang bernama 'Muadzin'. Seperti nama "Yahya". Orang pertama yang bernama Yahya adalah Nabi Yahya 'alaihissalam, putra Nabi Zakariya 'alaihissalaam. Sebelum beliau, belum pernah ada orang yang namanya 'Yahya'. (Bisa dicek dalam Al-Qur'an surat Maryam [19] ayat 7).

Memang sih, ada ungkapan "Apalah arti sebuah nama". Namun, saya percaya bahwa "nama adalah doa". Rasulullah sendiri kan mengganti nama beberapa orang dengan nama yang lebih baik, termasuk beberapa nama daerah. Maksudnya, sebagai doa agar menjadi lebih baik, sebaik nama yang diberikan.
Kalau toh misalnya kejadian ada seorang anak yang namanya bagus tapi nakalnya bukan main, itu bisa berarti bahwa doa ortunya yang disisipkan dalan nama si anak belum terkabul. Faktornya banyak. Bisa dari makanan yang diberikan ortu kepada anak, teman bergaul, pendidikan agama, atau, bisa juga ada sifat buruk ortu (baik dari salah satu ortu, maupun kedua ortu) yang menurun ke anak. Tapi sih mudah-mudahan jika dalam diri kita ada sifat buruk, semoga Allah tidak menurunkannya kepada anak-cucu kita.

0 komentar:

Facebook Blogger Plugin: Bloggerized by Shafee Live

Posting Komentar